Terwujudnya Masyarakat Pidie Jaya yang Aman, Sejahtera, dan Mandiri dengan Berlandaskan UUPA
Muspida Plus Kabupaten Pidie Jaya
Penyerahan Hewan Qurban dari Pemkab Pidie Jaya kepada Panitia Qurban
Penyerahan Bantuan Operasional dari Pemkab Pidie Jaya untuk Daya (Pesantren), di wilayah Kabupaten Pidie Jaya Oleh Wakil Bupati bersama Kepala Kantor Badan Dayah Kabupaten Pidie Jaya.
Pembukaan Rapat Paripurna II DPRK Pidie Jaya Masa Persidangan II Tahun 2016 terhadap Penyampaian Rancangan Qanun Kabupaten Pidie Jaya Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Pidie Jaya.
Acara Pembukaan Kuliah Perdana Mahasiswa (i) baru tahun ajaran 2016/2017 Akademi Komunitas Negeri (AKN) PDD Pidie Jaya.
Acara Penutupan HARDIKDA Ke- 57 Oleh Bupati Pidie Jaya dan penyerahan penghargaan dari Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh Kepada Muspida Pidie Jaya.

MEUREUDU - Gampong Blang Dalam Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya (Pijay), menjadi desa pelopor di bidang kesehatan dengan mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) guna membangun jamban bagi warga yang kurang mampu.

Keuchik Gampong Blang Dalam Ulee Gle, Bandar Dua, Pijay, Tgk M Yacob (53) kepada Serambi, Jumat (5/9) mengatakan, pembangunan jamban atau WC ini sebagai inisiatif gampong demi mewujudkan masyarakat yang lebih bersih.

 “Dari hasil survei terhadap 250 Kepala Keluarga (KK), terdapat 20 warga tak mampu atau fakir yang patut mendapat perhatian pembangunan fasilitas kesehatan berupa jamban atau WC melalui dana desa yang telah dialokasikan Rp 100 juta,” sebutnya.

Dari setiap pembangunan tersebut, pihaknya menganggarkan dana per unit Rp 5 juta. Pada tahun 2018, pihaknya mengalokasikan dana Rp 75 juta untuk pembangunan jamban sebanyak 15 unit. Sementara sisanya lima unit lagi dilanjutkan pada tahun 2019 mendatang.

“Program ini mendapat sambutan masyarakat dan diharapkan dengan program ini masyarakat terbebas dari penyakit serta menjadi pilot project untuk 222 gampong di Pijay,” sebutnya. Kepala Dinas Kesehatan Pijay, Said Abdullah SH MKM kepada Serambi, kemarin mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas inisiatif pembangaunan WC bagi warga tidak mampu. “Atas kesadaran yang luar biasa terhadap masyarakat, maka patut diberikan apresiasi,” jelasnya.

Sebab, selama ini belum ada gampong lainnya di Pijay yang punya inisiatif untuk pembangunan jamban dengan menggunakan dana desa. “Saya berharap hal ini dapat diikuti oleh gampong lainnya,” katanya. (/serambinews)

LENSA

103826538.jpg42271677.jpg42295290.jpg65624315.jpg71239959.jpg88368709.jpgbappeda.jpgkantor bupati.jpgkantor dprk.jpgkantor pu.jpgkuala merdu.jpgmanohara-sun rise.jpgmanohara-sunset.jpgpantai kuthang.jpgpemandangan padi.jpg

LINTASAN SEJARAH

PETA LOKASI

Onliners

We have 45 guests and no members online

HUBUNGI KAMI

Kantor BAPPEDA Lt.II, Komplek Perkantoran Pemkab. Pidie Jaya, Cot Trieng, Meureudu.

Email : bappedapijay@gmail.com