MEUREUDU - Kecamatan Pante Raja, keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-IV tingkat Kabupaten Pidie Jaya yang berlangsung 11-15 Agutus 2014 di Kecamatan Meurah Dua. Dalam MTQ yang berakhir tadi malam itu Kafilah Pante Raja berhasil mengumpulkan nilai tertinggi yaitu 46.

Sedangkan peringkat kedua diraih kafilah dari Kecamatan Tringgadeng dengan nilai 43. Sementara kafilah tuan rumah Kecamatan Meurah Dua harus puas diurutan ketiga dengan nilai 42. Sedangkan kafilah dari Kecamatan Bandar Dua, bertengger pada urutan empat dengan nilai 40. 

Sebelumnya Sekretaris Umum MTQ Pijay, Nazaruddin Ismal, mengatakan, dalam MTQ kali ini ada kafilah yang mengangkangi aturan seperti yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Pijay. Aturan dimaksud menyangkut dengan peserta luar yang dibolehkan ikut serta melebihi batas maksimal. Ternyata ada kecamatan  dari 45 orang peserta, sebanyak 18 orang diantaranya peserta luar (jemputan). Padahal, seharusnya yang diperbolehkan hanya 12 orang, jadi  kelebihan enam orang.

Menurut Nazaruddin, panitia akan memberikan sanksi kepada kecamatan yang melanggar aturan itu. Menyangkut dengan sangsi apa yang bakal diberikan, semua itu diputuskan pada musyawarah akhir dewan hakim. Pada bagian lain disebutkan bawa, kepada 20 kepala keluarga atau pemilik rumah yang telah menampung para kafilah plus dewan hakim serta official/panitia selama berlangsungnya even tersebut, panitia juga menyerahkan penghargaan berupa plakat.

Tak hanya kepada penampung kafilah, dua pimpinan keuchik juga mendapat hal sama. Yaitu Keuchik Gampong Meunasah Bie, Amri Ahmad dan Keuchik Meunasah Raya, Mahmudi. “Itu adalah sebagai bentuk ucapan terima kasih panitia kepada penampung kafilah,” kata Nazaruddin, sembari menyebutkan hanya itu yang mampu panitia. /tribun