MEUREUDU - Setelah melakukan mutasi 30 orang pejabat struktural eselon II (setingkat kadis) pada 31 Desember 2015 lalu, kini Pemkab Pidie Jaya (Pijay) merombak jajaran eselon III (setingkat kepala bidang) dan eselon IV (setingkat kepala seksi) yang jumlahnya mencapai 150 orang.

Pelantikan dilakukan Senin (25/1) sore, oleh Wakil Bupati Pijay, Said Mulyadi. Dalam mutasi pertama di tahun 2016 ini, 51 orang mendapat penyegaran, 85 orang mendapat promosi, sementara 14 orang lainnya diperbantukan / dibangkupanjangkan.

Beberapa orang yang mendapat promosi jabatan, yakni mereka yang sebelumnya menduduki jabatan kepala seksi (Kasi), kini diangkat menjadi kepala bidang (Kabid). Sebagian lainnya yang sebelumnya menjabat kepala sub bagian (kasubbag) diangkat menjadi Kabid atau dari Kabid menjadi Sekretaris. Sedangkan 14 pejabat yang diperbantukan, artinya mereka dicopot tanpa diberi jabatan.

Ada juga beberapa di antara mereka yang semula menduduki jabatan struktural seperti posisi Kabid, terpaksa mengundurkan diri dan kembali ke jabatan fungsional. Karena bila yang bersangkutan terus bertahan di jabatan tersebut, maka pangkatnya tidak bisa naik lagi. Sehingga pegawai itu terpaksa membuat permohonan mengundurkan diri agar dialihkan kembali ke jabatan fungsional.

“Mereka yang berstatus fungsional, dapat mengusulkan pangkat ke jenjang lebih tinggi, jika angka kreditnya tercapai sebagaimana ditetapkan,” kata Said Mulyadi.(/serambinews)