MEUREUDU - Bupati Pidie Jaya (Pijay), H Aiyub Abbas meminta camat dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) di kabupaten itu lebih aktif membimbing petani setempat. Sementara kepada petani, Bupati mengimbau agar jadwal musim tanam rendengan (MTR) 2016/2017 yang disusun harus ditaati. Sehingga hasil panen rendengan lebih baik dibanding panen musim gadu tahun ini.

Permintaan itu Aiyub dalam sambutannya pada rapat turun ke sawah MTR 2016/2017 di aula kantor bupati setempat, Kamis (22/9). Pertemuan yang dihadiri sejumlah pejabat dan pihak terkait lainnya termasuk keuchik se-Pijay membahas MTR dan berbagai kendala yang mungkin dihadapi. MTR kali ini ditetapkan mulai 8 Oktober sampai 7 Desember 2016.

Kadistannak Pijay, drh Muzakkir Muhammad, menyatakan pihaknya siap menyediakan traktor untuk mendukung MTR tahun ini. “Sekarang ada 127 handtraktor berbagai ukuran dan type. Traktor itu kita taksir mampu mengolah tanah seluas 9.000 hektare dalam waktu kurang lebih sebulan,” ungkapnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPKP) Pijay, Ir Marzuki MM menyebutkan, untuk menyukseskan MTR tahun ini, 100-an PPL siap membantu petani di semua kecamatan. “Dalam bertugas, PPL juga dibantu anggota Babinsa karena tugasnya juga meliputi pengawalan pupuk bersubsidi di kios-kios pengecer,” pungkasnya. (/serambinews)