MEUREUDU - Sebanyak 59 orang lulusan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pidie Jaya, pendidikan di luar domisili (PDD) tahun 2018, Kamis (25/10), diwisuda. Prosesi wisuda berlangsung dalam rapat senat terbuka Politeknik Pertanian Payakumbuh di Gedung Tgk Chik Pante Geulima, Kompleks Pemerintahan Pijay, di Cot Trieng, Kecamatan Meureudu. Pemkab Pidie Jaya berharap kepada para lulusan akademi ini hendaknya mampu membawa pembaharuan sekaligus berkiprah di tengah-tengah masyarakat.

Ke-59 orang wisudawan dan wisudawati lulusan AKN tahun ini meliputi dua jurusan, yaitu jurusan Teknologi Pangan 27 orang dan jurusan Budidaya Peternakan 32 orang. Acara tersebut dihadiri Direktur Politeknik Pertanian Payakumbuh, Ir Elwin Hasman MP. Wadir III, Ir Irwan serta sejumlah anggota senat, antara lain Ir Deni Sorel MSi. Wisuda kali ini adalah untuk yang kedua kali, setelah wisuda perdana tahun 2017 lalu. Tahun ajaran 2018/2019, jumlah mahasiswa 69 orang.

Wisuda juga dihadiri Bupati, Wabup, Anggota Forkopimda, Ketua MPU, sejumlah kepala SKPK, orangtua wisudawan dan undangan lainnya. Wabup Pidie Jaya H Said Mulyadi dalam sambutannya antara lain mengatakan, pemkab setempat kini terus berupaya keras menjadikan AKN di wilayahnya sebagai sebuah akademi yang benar-benar diminati lulusan SLTA. Menyangkut dengan fasilitas gedung atau kampus, pemkab tidak tinggal diam dan diharapkan tahun 2019 akan semakin lengkap. 

Diakui, kendati saat ini AKN Pidie Jaya berada dalam posisi serba keterbatasan termasuk gedung perkuliahan yang masih menumpang, namun tidak membuat mahasiswa merasa risih dan menyurutkan minat dalam proses belajar mengajar. Dari akademi ini, lanjut Said Mulyadi, akan memberikan bakat dan keterampilan sesuai dengan potensi daerah dan kearifan lokal. Tujuan akhirnya agar dapat menghasilkan SDM siap pakai, mampu bersaing antar AKN lainnya, bahkan hingga ke tingkat nasional sekalipun. (/Serambinews)