Meureudu - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya menyerahkan bonus ataupun uang pembinaan kepada peraih juara dan seluruh kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Aceh ke-34 asal Pidie Jaya, Selasa, 12 November 2019 kemarin malam.

Kabag Kesra Setdakab Pidie Jaya Drs Jailani kepada sinarpidie.co mengatakan, total bunos yang diberikan pemerintah setempat sebesar Rp 150 juta. "Untuk juara satu, satu orang, Rp 25 juta. Juara dua untuk dua orang Rp 25 Juta, juara tiga 8 juta untuk satu orang. Juara harapan masing-masing Rp 3 juta untuk tiga orang," katanya Rabu, 13 November 2019.

Katanya lagi, sisanya, bonus juga diberikan untuk seluruh official, pelatih dan semua peserta lain, masing-masing sebesar Rp 1 Juta per orang. "Kita bagi sama rata walaupun tidak juara, sebagai wujud motivasi, " kata Drs Jailani.

Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Muliadi SE MSi, usai menyerahkan bonus, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pelatih, official dan kafilah yang telah bekerja keras.

"Ke depan target kita harus masuk dalam 10 besar, jadi harus tetap semangat dan terus meningkatkan pembinaan untuk menunjang prestasi," ujarnya.

Mereka yang meraih juara

Sirajussabila, berhasil keluar sebagai juara satu Cabang Tartil Quran Putri. Shahidul Aulia juara II pada Cabang Tilawah Anak-Anak. Pada cabang Tilawah Dewasa Putri, Mutia Rahmah, juga berhasil menjadi juara II.  Terakhir, Muhammad Siddik, di Cabang Tilawah Remaja Putra, meraih juara III.

Pidie Jaya hanya mampu meraup 12 poin dengan rincian, juara pertama lima poin, juara kedua tiga poin, dan juara ketiga satu poin. Singkatnya, Pidie Jaya berada diurutan kesebelas dengan 12 poin di bawah Kota Subulussalam yang mengumpulkan 13 poin.

Dalam MTQ Aceh ke-34 tahun 2019 di Pidie, Pidie Jaya menurunkan 49 kafilah, yang terdiri dari 25 kafilah putra dan 24 kafilah putri. Selain itu, tim official kabupaten ini berjumlah 30 orang, termasuk dengan para pelatih. (Sinarpidie.co/Muhammad Rizal)