Dari segi perindustrian, di Kabupaten Pidie Jaya terkenal dengan salah satu industri rumah tangga, yaitu pembuatan kue adee. Kue adee ini merupakan warisan turun temurun dari keluarga masyarakat setempat. Sampai saat ini, usaha home industry ini terus mengalami peningkatan. Pada akhir 2011 tercatat 16 unit usaha dengan kapasitas produksi 30.5000 buah/tahun, dan angka ini terus meningkat seiring semakin terkenalnya makanan industri rumah tangga tersebut.

Selainitu di Kabupaten Pidie Jaya juga terdapat industri sepatu dan sandal dari kulit. Usaha ini merupakan usaha mandiri yang bertempat di Kecamatan Bandar Dua. Usaha tersebut terus berkembang dikarenakan penggunaan bahan dan kualitas bahan yang tetap terjaga.

Industri lainnya yang terdapat di Kabupaten Pidie Jaya adalah industry pengolahan kakao yang terdapat di Gampong Baroh Musa Kecamatan Bandar Baru. Pengolahan coklat ini di gagas oleh salah satu koperasi yang terdapat di Kabupaten Pidie Jaya. Pabrik pengolahan kakao tersebut mampu mengolah 10 kg coklat per hari yang terdiridari coklat batangan, aneka makanan coklat, dan aneka minuman coklat.