Kabupaten Pidie Jaya mempunyai luas kawasan hutan mencapai 95.249,6 hektar. Dari luas tersebut 50,4% merupakan hutan lindung. 5,10% hutan produksi. 44,50% merupakan areal penggunaan. Menurut data dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Kabupaten Pidie Jaya mempunyai lahan kritis seluas 8.1540 hektar yang tersebar di 7 (tujuh) kecamatan.

 

Tabel Luas Hutan Menurut Fungsi dan Kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya Tahun 2013

                Dari Sektorper kebunan, Kabupaten Pidie Jaya mempunyai tanaman kakao yang merupakan salah satu produk unggulan kabupaten. Pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Kehutanan dan Perkebunan terus menerus menggalakkan pengembangan dan pemberdayaan tanaman kakaoter sebut. Menurut data dari Dinas Kehutanan dan perkebunan, pada tahun 2013, produksi kakao di Kabupaten Pidie Jaya sebesar 3.588 ton yang tersebar di 8 (delapan) kecamatan (Tabel 5.5).

Selain menghasilkan biji yang dipasarkan secara langsung oleh petani kakao, di Kabupaten Pidie Jaya juga terdapat kakao olahan. Kakao olahan ini terdapat di Gampong Musa, adapun hasil olahannya berupa coklat batangan, aneka kue coklat dan aneka minuman coklat. Kakao olahan tersebut merupakan milik salah satu koperasi di KabupatenPidie Jaya.

 

Tabel Luas Areal dan Produksi Tanaman Perkebunan Rakyat (kakao) Menurut Kecamatandi Kabupaten Pidie Jaya tahun 2013