29°C Berawan

ID | EN

Pidie Jaya | Kepala Dinas Kominfo Pidie Jaya T. Samsul Bakri, S.Pd Sekaligus Membuka Kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA). Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, mengapresiasikan setinggi-tingginya atas terselenggaranya Pelatihan Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan SMK/sederajat serta Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM). Senin, 15 Mei 2023 Meureudu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian T. Samsul Bakri, S.Pd menjelaskan Program VSGA terdiri dari Pelatihan dan Sertifikasi di Pidie Jaya. Bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP KOMINFO) Medan. Dengan terlaksananya pelatihan ini dapat membantu para peserta dan dapat meningkatkan kompetensi lulusan Pendidikan Vokasi yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mempercepat alih kompetensi (upskilling dan reskilling) SDM sehingga mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi.

Pelaksanaan pelatihan VSGA ini untuk membimbing peserta putra-putri Kabupaten Pidie Jaya khususnya ditujukan bagi lulusan SMK/sederajat serta Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja untuk memperoleh sertifikat berbasis kompetensi nasioanal setelah lulus uji kompetensi dari lembaga sertifikasi profesi.

Selanjutnya kepada peserta pelatihan diminta terus belajar, karena pada zaman ini adalah zaman digital dan hampir semua sektor kegiatan dalam kehidupan manusia dijalankan dengan teknologi informasi sehingga dapat mempercepat pekerjaan dan lebih efektif dan efesien. Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya melalui Diskominfo terus berupaya mengembangkan pengetahuan bidang Ilmu Teknologi Informasi bagi masyarakat Pidie Jaya sehingga mampu berusaha secara mandiri dengan sarana digitalisasi.

Tantangan dengan era digitalisasi media ini membutuhkan kompetensi tersendiri. Para Peserta harus mampu beradaptasi dan bertahan terhadap kemajuan zaman. Ditambah lagi dengan berbagai hambatan baik dari faktor kondisi geografis, kelengkapan infrastruktur maupun sumber daya manusia itu sendiri.

Galery Foto di Instagram: @diskominfotik_pidiejaya

Sumber: (Diskominfotik Pidie Jaya)