29°C Berawan

ID | EN

Pidie Jaya | Wakil Bupati Pidie Jaya Dr. H. Said Mulyadi, SE, M.Si menyerahkan Mobil Pustaka Keliling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pidie Jaya. Di Rumah Dinas Wakil Bupati Pidie Jaya. Meureudu, Rabu 1 November 2023.

Sumber: (Prokopim Pidie Jaya)

Perpustakaan biasanya berbentuk gedung, misalnya gedung perpustakaan nasional, perpustakaan daerah, maupun perpustakaan yang dimiliki oleh instansi tertentu, seperti sekolah dan universitas sehingga seseorang harus pergi ke perpustakaan jika ingin mengakses berbagai koleksi yang ada di perpustakaan tersebut. Namun saat ini sudah ada layanan perpustakaan keliling di beberapa daerah.

Dengan adanya perpustakaan keliling ini, dapat memudahkan setiap orang yang ingin mengakses koleksi di perpustakaan. Perpustakaan menjadi tempat di mana kita bisa menemukan berbagai koleksi bahan pustaka dalam bentuk tertulis, tercetak, maupun terekam. Ini artinya, koleksi yang ada di perpustakaan tidak hanya berupa buku saja.

Sumber: (Prokopim Pidie Jaya)

Tujuan Perpustakaan Keliling

Adanya perpustakaan keliling dapat memudahkan masyarakat yang tidak memiliki akses ke perpustakaan. Selain itu, ada berbagai tujuan lain dari perpustakaan keliling, yaitu:

1. Pemerataan Layanan Bacaan

2. Mengembangkan Pendidikan Informal

3. Memperkenalkan Buku-Buku dan Bahan Pustaka

4. Memperkenalkan Jasa Perpustakaan

5. Meningkatkan Minat Baca

 

(Diskominfotik Pidie Jaya)